Apakah Hati Kita Masih Hidup?



Oleh: KH. Ihya’ Ulumiddin



Alloh Tabaaraka wa Ta’ala berfirman:


Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Alloh dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan (hati) kepada kamu, ketahuilah bahwa sesungguhnya Alloh membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan".  QS. Al Anfaal: 24


Hati yang hidup merupakan sisi pandang Alloh Ta'ala sekaligus sasaran saputan cahayaNya. Tanpa hati yang hidup, dan ramai oleh iman serta kilau keyakinan ini, manusia sebenarnya telah mati meski masih berada di kalangan orang-orang yang hidup. Alloh ta'alaa berfirman:


"Dan apakah orang yang sudah mati kemudian dia Kami hidupkan dan yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar dari padanya?...  QS. Al An'aam: 122. 


Atas dasar inilah tarbiyah kita dalam jamaah ini mengarah kepada pelestarian kehidupan hati agar tidak mati, memakmurkannya supaya tidak sepi dan melunakkannya agar tidak keras (tandus). Sungguh Alloh telah menegur ahli iman dengan firmanNya:


"Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk (luluh) hati mereka mengingat Alloh dan kepada kebenaran yang telah turun kepada mereka dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik" QS. al Hadiid: 16.  


Dan adalah Nabi ShalAllohu Alaihi wa Sallam memohon perlindungan dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak tunduk (luluh), amal yang tidak diangkat (diterima) dan doa yang tidak dikabulkan. 


Hati manusia tidak berbeda dengan tubuhnya dalam selalu membutuhkan tiga hal: 

1. Penjagaan agar selamat. 

2. Makanan agar hidup 

3. dan Pengobatan agar sembuh. 


Pertama, menjaganya dari hal yang disebut oleh Baginda Rasulullah ShalAllohu Alaihi wa Sallam dengan Wahan, kecintaan akan dunia yang merupakan pangkal segala kesalahan dan akar semua penyakit, dan Karahiyyatul maut, enggan dengan kematian yang menafikan kenyakinan akan akhirat serta menggerus perasaan selalu mengingat janji pahala di sisi Alloh serta siksaan dariNya.


Dengan Wahan manusia terseret kepada sesuatu yang lebih berbahaya bagi dirinya; yaitu kemauan-kemauan hati dan keinginan-keinginan nafsu yang berupa cinta kedudukan dan kekuasaan, mencari popularitas dan sanjungan, menuhankan makhluk Alloh, hanya berusaha mendapatkan tepuk riuh massa dan ngatok (asal bapak senang) dengan para tokoh, serta berbagai corak perkara maknawi yang bisa menghancurkan individu dan jamaah. Hal-hal yang menghancurkan (muhlikat) maknawi ini lebih berbahaya dibanding dengan muhlikaat zhahir seperti halnya mencuri, berzina dan meminum miras.Jadi hawa nafsu adalah tuhan terburuk yang disembah di bumi sebagaimana Alloh berfirman,



"...Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Alloh sedikitpun..." QS. Al Qashash: 50.


Kedua, memberinya makanan berupa kontinuitas, senantiasa mengingatNya, bersyukur kepadaNya, dan berbuat Ihsan dalam beribadah kepadaNya sebagai sarana meraih Izzah, kemuliaan yang memang diperintahkan oleh Alloh agar kita mencarinya. Alloh berfirman,



"Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Alloh-lah kemuliaan itu semuanya. KepadaNyalah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang shaleh dinaikkanNya..." QS. Fathir: 10.


Jadi kemuliaan bukan dengan harta benda, pangkat, kedudukan dan keturunan, tetapi kemuliaan bisa diraih hanya dengan al Kalim at Thayyib; yaitu kalimat tauhid dan seluruh ibadah-ibadah lisan yang disertai amal shaleh yang bekerja (berfungsi) untuk meninggikan dan menjayakannya (baik dalam wilayah individu, keluarga, masyarakat dan negara). Sementara keutamaan berdzikir tidak terbatas pada tasbih, tahlil, tahmid,takbir dll. Justru semua orang yang beramal ketaatan karena Alloh ia termasuk orang yang berdzikir kepada Alloh.


Karena itulah setiap dari kita hendaknya betul-betul memperhatikan keharusan-keharusan secara individu atau jamaah (iltizamaat fardiyyah atau jama'iyyah) khususnya;

1. Menghadiri majlis taklim yang disabdakan Rasulullah Shollallohu alaihi wassallam:  


"Barangsiapa keluar mencari ilmu maka ia berada di jalan Alloh sampai ia kembali". HR. Turmidzi.


Persamaan mencari ilmu dengan jihad fi sabilillah adalah realitas mencari ilmu yang merupakan usaha menghidupkan agama dan menghinakan setan, memayahkan diri serta memecahkan hawa nafsu dan kelezatan. (Dalil al Falihin 4/197).


2. Mengagungkan dan mendirikan syiar-syiar Alloh. Berdasarkan firmanNya:


"Demikianlah (perintah Alloh). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Alloh, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati". QS. Al Hajj: 32.


Ketiga, mengobatinya dengan sesuatu yang bisa menjadikannya baik dan bersih guna membangkitkan perasaan beragama (as syu'ur ad diinii), mengembangkan dorongan dari dalam diri sendiri, dan memenangkan an nafs al lawwaamah atas an nafs al ammaarah bi as suu'. Sesuatu itulah yang disebut jadwal "Muhasabah", jadwal yang memuat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh seseorang kepada diri sendiri dan harus dijawabnya sendiri dengan "ia" atau "tidak" agar ia mengetahui sampai di mana tingkat penjagaan atau keteledorannya. Inilah  Muhasabah yang secara sempurna hanya terjadi dalam internal dirinya sendiri tanpa ada pengawas kecuali Alloh ta'aalaa. Di antara pertanyaan itu umpamanya:


Apakah anda telah menjalankan sholat maktubah tepat waktu? 

Apakah anda menjalankannya dengan berjamaah? 

Apakah anda menjalankan Qiyamullail? 

Apakah anda telah membaca wirid harian, alQuran atau yang lain? 

Apakah anda telah mengunjungi saudara fillaah? Apakah...? Apakah...? 


Begitu pula halnya atas ketelodoran di sisi Alloh ta'alaa supaya amal shalehnya tidak tertimpa bencana-bencana seperti ujub, riya', kibr, ghurur, ghuluw fiddin, iri hati, melihat diri sendiri, merendahkan orang lain dll. dari berbagai macam penyakit hati.

Dan saya berikan tadzkirah kepada anda sekalian tentang hadits Rasulullah Shollallohu Alaihi wa Sallam:


"Barangsiapa yang bergembira karena kebaikannya dan susah karena keburukannya maka dia-lah orang yang (benar-benar) beriman". HR. Thabarani.


Dan ungkapan Ali Rodliyallohu ‘Anhu. :


"Keburukan yang menyebabkan kamu susah lebih baik daripada kebaikan yang menjadikanmu berbangga"


Dan ucapan Ibnu Atho'lillah As Sakandari pengarang kitab "Al-Hikam":


"Seringkali terbuka pintu ketaatan bagimu tetapi tidak terbuka (bersamanya) pintu penerimaan (qabuul). Seringkali kamu terlibat dalam kemaksiatan yang justru kemaksiatan yang menyebabkan rasa hina dan rendah diri lebih baik daripada ketaatan yang melahirkan bangga diri dan rasa sombong
 
Share on Google Plus

About AnaK ALaM

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment