PERINTAH MENGAMBIL PELAJARAN DARI SETIAP MOMEN


بسم الله الرحمن الرحيم

[فَاعْتَبِرُوْا يَآأُولِي الْأَبْصَارِ]
إِنَّ مِمَّا يَجْدُرُ أَنْ يُؤْخَذَ اعْتِبَارًا دَرْسُ مَا يُسْتَحَبُّ لِلْحَاجِّ أَوِ الْمُعْتَمِرِ مِنْ زِيَارَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَيْهِ وَالشَّهَادَةِ بِأَنَّهُ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَأَنَّهُ قَدْ بَلَّغَ الرِّسَالَةَ وَأَدَّي الْأَمَانَةَ وَنَصَحَ الْأُمَّةَ وَجَاهَدَ فِى اللهِ حَقَّ جِهَادِهِ بِإِضَافَةِ طَلَبِ الشَّفَاعَةِ مِنَ اللهِ بِهِ فِى غُفْرَانِ الذُّنُوْبِ وَقَضَاءِ الْمُهِمَّةِ وَرَفْعِ الْكُرْبَةِ وَتَيْسِيْرِ الْأُمُوْرِ وَبُلُوْغِ السُّوْلِ وَالْمَأْمُوْلِ بِجَاهِ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ وَسَيِّدِ الْأُمَّةِ عَمَلًا بِقَوْلِهِ تَعَالَى : [...وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَّلَمُوْا أَنْفُسَهُمْ جَآءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوْا اللهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُوْلُ لَوَجَدُوا اللهَ تَوَّابًا رَّحِيْمًا] النساء: 63.
عَلَاوَةً عَلَى ذلِكَ أَنَّهُ إِذَا طَافَ الْوَدَاعَ وَرَجَعَ إِلَى أَوْطَانِ مُبَاحَاتِهِ يَكُوْنُ رُجُوْعُهُ إِلَى مُبَاحَاتِهِ عَلَى هُدَي السُّنَّةِ لَا بِاتِّبَاعِ الْهَوَي لِتَذَكُّرِ قَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّي يَكُوْنَ هَوَاهُ تَبَعًا لِمَا جِئْتُ بِهِ) أخرجه البخاري, لِأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هُوَ رَأْسُ السُّنَّةِ وَمِنْهُ تَفَرَّعَتْ بَلْ هُوَ السُّنَّةُ كُلُّهَا . فَأَعْمَالُ الـْحَاجِّ أَوِ الْمُعْتَمِرِ بِمَكَّةَ الْمُكَرَّمَةِ أَدَاءٌ لِمَقَامِ الْحَمْدِ وَالدُّعَاءِ فِى مَقَامِ الْإِسْتِجَابَةِ وَزِيَارَةُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَا فِيْهَا مِنَ الْإِكْثَارِ بِالصَّلَاةِ عَلَيْهِ قُرْبٌ بِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ .
ثُمَّ كَانَ مِمَّا حَثَّ عَلَيْهِ اللنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِيْنَ زِيَارَتِهِ أَنْ يُصَلَّي فِى مَسْجِدِهِ أَرْبَعِيْنَ صَلَاةً لَا يَفُوْتُهُ صَلَاةٌ كَمَا رَوَي أَحْمَدُ فِى مُسْنَدِهِ ((عَنِ الْحَكَمِ بْنِ مُوْسَي حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِي الرِّجَالِ عَنْ نُبَيْطِ بْنِ عُمَرَ)) عَنْ أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: (مَنْ صَلَّى فِي مَسْجِدِيْ أَرْبَعِيْنَ صَلَاةً لَا يَفُوْتُهُ صَلَاةٌ كُتِبَتْ لَهُ بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ وَنَجَاةٌ مِنَ الْعَذَابِ وَبَرِئَ مِنَ النِّفَاقِ) رقم12521[1].

إِنَّ الْمُسْلِمَ الْوَاعِيَ إِذَا عَمِلَ هَذَا الْحَدِيْثَ بِتَحْرِيْرِ نِيَّتِهِ وَحُسْنِها لِهَذِهِ الْمُدَّةِ فَقَدْ أَخَذَ يُرَوِّضُ نَفْسَهُ لِأَدَاءِ مَا لَا يَتَمَكَّنُ أَنْ يَعْمَلَهُ فِى حَضَرِهِ لِكَثْرَةِ الْأَشْغَالِ مِنْ أَدَاءِ صَلَاةِ الْجَمَاعَةِ فِى أَوَّلِ وَقْتِهَا وَانْتِظَارِ صَلَاةٍ إِلَى صَلَاةٍ وَكَثْرَةِ الْخُطَي إِلَى الْمَسْجِدِ وَالْإِكْثَارِ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَتِلَاوَةِ الْقُرْآنِ وَإِخْرَاجِ الصَّدَقَاتِ وَمَا إِلَى ذَلِكَ مِنْ أَعْمَالِ الْبِرِّ مَعَ رَاحَةِ الْبَالِ وَطُمَأْنِيْنَةِ الْقَلْبِ  بِجَانِبِ كَثْرَةِ الزَّائِرِيْنَ الْمُتَسَابِقِيْنَ إِلَى هَذَا الْعَمَلِ مَعَ زِحَامٍ وَاكْتِظَاظٍ كُلُّ ذلِكَ يَحْصُلُ لِشُعُوْرِهِمْ بِالْقُرْبِ بِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَجَذَبَتْهُمْ مَغْنَاطِيْسُهُ الـْجَبَّارَةُ وَلَا سِيَّمَا إِذَا تَزَاحَمُوْا بِرَوْضَتِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كمَا قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (مَا بَيْنَ بَيْتِيْ وَمِنْبَرِيْ رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ) رَوَاهُ أَحْمَدُ وَالْبُخَارِيْ وَمُسْلِمٌ وَالنَّسَائِيْ وَالتِّرْمِذِي (الجامع الصغير رقم 7860).
نَعَمْ, هُنَاكَ رِيَاضُ الْجَنَّةِ  غَيْرَ هَذِهِ الرَّوْضَةِ الشَّرِيْفَةِ فِى سَائِرِ الْبِلَادِ وَلكِنْ كَمَا تَرَي!
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
1-           (إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوْا (تَنَعَّمُوْا وَكُلُوْا فِيْهَا وَاشْرَبُوْا كَيْفَ شِئْتُمْ مَعَ رَغَدٍ) قَالُوْا: وَمَا رِيَاضُ الـْجَنَّةِ؟ قاَلَ: حِلَقُ الذِّكْرِ) رواه أحمد والترمذي والبيهقي عن أنس (الجامع الصغير رقم 859).
2-           (إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوْا)  قَالُوْا: وَمَا رِيَاضُ الـْجَنَّةِ؟ قاَلَ: مَجَالِسُ الْعِلْمِ) رَوَاهُ الطَّبَرَانِي عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ (الجامع الصغير رقم 860)
3-           (إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوْا ! قِيْلَ: وَمَا رِيَاضُ الـْجَنَّةِ؟ قاَلَ:  الْمَسَاجِدُ . قِيْلَ: وَمَا الرُّتَعُ؟ قَالَ: سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لله وَلَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ) رَوَاهُ التِّرْمِذِي عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ (الْجَامِعُ الصَّغِيْرُ رقم 861) .
أَللّهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ.
= والله يتولي الجميع برعايته =



بسم الله الرحمن الرحيم
Perintah Mengambil Pelajaran
dari Setiap Momen
“…maka ambil-lah pelajaran!wahai orang-Orang yang Berakal”QS al Hasyr:02

Sungguh, di antara hal yang patut diambil sebagai pelajaran, adalah mengkaji  sesuatu yang ditekankan kepada orang yang berhaji atau umrah, yaitu berziarah kepada Nabi Muhammad Saw untuk menghaturkan shalawat dan salam kepada beliau, memberikan kesaksian bahwa beliau adalah hamba dan utusan Allah, dan sesungguhnya beliau betul-betul telah menyampaikan risalah, melaksanakan amanah, menasehati umat, dan telah berjihad di jalan Allah dengan sebenar-benarnya jihad (dengan sangat serius), selain juga untuk memohon syafaat dari Allah lantaran beliau Saw agar dosa-dosa mendapat pengampunan, masalah penting terselesaikan, kesusahan dihilangkan, urusan dimudahkan, serta keinginan dan kemauan tersampaikan, sebab keagungan Sang Nabi pembawa rahmat, penghulu umat, sebagai pelaksanaan firman Allah ta’ala: “…sesungguhnya jikalau mereka menganiaya diri mereka datang kepadamu lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasul pun memohon ampunan untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” (QS An Nisa’: 63).

Di samping itu semua, ketika seseorang telah berthawaf wada’ dan kembali ke area hal-hal yang diperbolehkan baginya maka kembalinya itu adalah menuju kepada hal-hal yang diperbolehkan yang selaras dengan petunjuk sunnah, dan bukan hanya sekedar menuruti hobi (kemauan) demi mengingat sabda Rasulullah Saw: “Tidak sempurna iman salah seorang kalian sehingga hobi (kemauan)nya selaras dengan segala yang aku bawa (ajarkan)”(HR Bukhari), karena sesungguhnya Nabi Saw adalah pokok sunnah dan dari beliau sunnah bersumber, bahkan beliau adalah sunnah seluruhnya.
Jadi aktivitas-aktivitas orang yang berhaji atau berumrah di Makkah al Mukarramah adalah pelaksanan maqam memuji sekaligus berdo’a di tempat-tempat mustajabah. Sedang berziarah kepada Nabi Muhammad Saw yang diisi dengan memperbanyak shalawat, adalah pendekatan kepada beliau Saw.

Kemudian di antara hal yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw ketika berziarah ini adalah agar menjalankan shalat berjamaah empat puluh kali di masjid beliau, dan tidak boleh ada satu shalat pun yang terlewat sebagaimana riwayat Imam Ahmad bin Hambal dalam musnad nya (dari Hakam bin Musa dari  Abdurrahman bin Abi Rijal dari Nubaith bin Umar) dari Anas ra dari Nabi Saw yang bersabda: “Barang siapa shalat di masjidku empat puluh kali shalat, tidak terlewat darinya satu shalat pun, maka ditulis baginya kebebasan dari neraka, keselamatan dari siksa dan dia berlepas diri dari nifak[2]

Sesungguhnya seorang muslim yang terbina jika mengamalkan hadits ini dengan kejernihan dan kebaikan niat selama masa ini, maka sungguh ia telah melatih diri menjalani hal yang tidak mungkin dikerjakan di rumahnya - karena begitu banyak kesibukan (yang melenakan) dari menjalankan shalat berjamaah di awal waktu, menunggu shalat demi shalat, banyak melangkah ke masjid, memperbanyak shalawat, membaca Alqur’an, mengeluarkan sedekah-sedekah dan amal-amal kebaikan yang lain dengan disertai perasaan yang senang dan hati yang tenang -  
meski harus bersama banyak peziarah yang seluruhnya berlomba-lomba menjalankan amalan ini dalam suasana berdesakan dan berhimpitan.
Semua itu terjadi karena mereka merasa dekat dengan Rasulullah Saw sehingga tersedot magnit beliau yang kuat, apalagi ketika mereka berdesakan di raudhah yang telah disabdakan oleh beliau Saw: “Area antara rumah dan mimbarku adalah termasuk pertamanan surge”(HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasai, Tirmidzi. Al Jami’ as Shaghir no:7860)
Ia, di sana di seluruh negeri, terdapat taman-taman surga selain taman surga yang mulia ini, akan tetapi seperti yang anda saksikan!
Rasulullah Saw bersabda:
1.      “Jika melewati taman-taman surga maka bersenang-senanglah!” (nikmati, makan dan minumlah dengan bahagia) para sahabat bertanya: “Apakah taman-taman surga?” beliau bersabda: “Halaqah-halaqah dzikir”(HR Ahmad, Tirmidzi, Baihaqi dari Anas ra. Al Jami’ as Shaghir no: 859)
2.      “Jika melewati taman-taman surga maka bersenang-senanglah!” para sahabat bertanya: “Apakah taman-taman surga?” beliau bersabda: “Majlis-majlis ilmu”(HR Thabarani dari Ibnu Abbas ra. Al Jami’ as Shaghir no: 860)
3.      “Jika melewati taman-taman surga maka bersenang-senanglah!” Dikatakan: “Apakah taman-taman surga?” beliau bersabda: “Masjid-masjid” Ditanyakan: “Apakah bersenang-senang itu?” beliau bersabda: “Subhaanallah walhamdu lillaah, walaa ilaaha illallah, wallahu akbar”(HR Tirmidzi dari Abu Hurairah ra. Al Jami’ as Shaghir no: 861)
“Ya Allah, tolonglah kami untuk bisa berdzikir, bersyukur dan beribadah dengan baik kepadaMu!”
= والله يتولي الجميع برعايته =





[1] قال حمزة أحمد الزين المحقق: إسناده حسن على الأقل إن شاء الله . فالحكم وعبد الرحمن صدوقان خطؤهم قليل لكن نبيط بن عمر وثقه ابن حبان ولم يذكره غيره . وقال الهيثمي 4/8: رواه أحمد والطبراني فى الأوسط ورجاله ثقات . وقال المنذري فى الترغيب 2/215: رواته رواة الصحيح فإن كان يقصد هذا السند فهو عجيب منه . (انظر : المسند للإمام أحمد 8/312 دار الحديث القاهرة 1433 ه
[2]Hamzah Ahmad Az Zain al Muhaqqiq menyatakan:
Sanad hadits ini in sya Allah minimal Hasan karena Hakam dan Abdurrahman, keduanya sangat jujur dan sedikit kesalahan. Akan tetapi Nubaith bin Umar hanya dipercaya oleh Ibnu Hibban dan tidak pernah disebutkan oleh siapapun. Imam al Haitsami mengatakan: Hadits ini diriwayatkan Imam Ahmad dan Thabarani dalam al Ausath dan para perowinya adalah orang-orang yang tsiqah (bisa dipercaya).
Al Hafzih al Mundziri mengatakan dalam at targhib 2/215:
Para perowi hadits ini adalah para perowi hadits shahih…
Share on Google Plus

About Bapak e Muhammad

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment